Operasi Jantung

Berobat Jantung di Malaysia

Berobat Jantung di Malaysia: Cara dan Estimasi Biaya

Malaysia merupakan negara yang ideal untuk pergi berobat jantung, terutama karena pemerintahan Malaysia berfokus pada bidang kesehatan internasional. Layanan kesehatan internasional Malaysia memiliki kualitas, regulasi, dan standar keamanan yang terjamin.

Jumlah pasien turis yang mengunjungi Malaysia sebanyak 643 ribu orang di tahun 2011 dan berkembang menjadi 1,2 juta di tahun 2018. Malaysia memperoleh penghasilan sebesar USD 127 juta di bidang pengobatan internasional pada tahun 2011 dan USD 362 juta di tahun 2018.

Mengapa Berobat Jantung di Malaysia?

Malaysia merupakan destinasi populer bagi turis asing berobat. Setiap tahun ratusan ribu orang pergi ke Malaysia. Ini beberapa alasan mengapa Malaysia menjadi destinasi menarik untuk berobat jantung:

  1. Teknologi Maju di Bidang Pengobatan Jantung: Malaysia mengutamakan layanan kesehatan di bidang kardiologi. Saat ini, Malaysia memiliki 33 pusat pengobatan jantung. 
  2. Layanan Kesehatan Khusus untuk Pasien Internasional: Pengobatan untuk pasien internasional di Malaysia diurus oleh lembaga khusus, yaitu Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Pasien dari berbagai negara datang untuk berobat jantung di Malaysia, contohnya pasien dari negara Britania Raya, Indonesia, Filipina, Jepang, Australia, Cina, India, dan Amerika Serikat. Selanjutnya, MHTC menjadikan Asia Tenggara dan Timur Tengah sebagai target utama.
  3. Harga dan Kualitas Layanan Bersaing: Di Asia Tenggara, Malaysia bersaing dengan Singapura dan Thailand. Meskipun teknologi kesehatan di Singapura lebih maju, banyak pasien yang memilih Malaysia karena harganya yang lebih terjangkau, sedangkan Malaysia bersaing ketat dengan Thailand karena memiliki kualitas dan harga yang hampir mirip.
  4. Akomodasi Lengkap: Terdapat hotel dan resort bagus, dekat dengan daerah wisata. Banyak orang yang menghabiskan waktu berlibur setelah operasi dan melakukan pemulihan sambil liburan.
  5. Minim Perbedaan Bahasa: Tenaga kesehatan di Malaysia lancar berbahasa Inggris, sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi.
  6. Terjangkau: Tiket pesawat ke Malaysia tergolong murah.
  7. Persyaratan Dokumen Tidak Rumit: Tidak sulit bagi turis asing untuk berobat jantung di Malaysia. Turis liburan maupun pasien bisa tinggal di Malaysia selama 90 hari tanpa memerlukan visa.
  8. Tenaga Kesehatan Berkualitas: Banyak tenaga ahli kesehatan yang memiliki kualifikasi tinggi di bidang kardiologi.

Cara Berobat Jantung di Malaysia

1. Pilih Rumah Sakit yang Dituju

Anda dapat mengumpulkan informasi soal rumah sakit yang memiliki layanan berobat jantung di Malaysia, seperti mengecek fasilitas, kualifikasi dokter, serta layanan yang disediakan di rumah sakit tersebut. Periksa apakah asuransi kesehatan internasional dapat Anda gunakan. Apabila ada teman atau keluarga yang pernah berobat jantung di Malaysia, Anda dapat bertanya pada mereka.

2. Minta Referral dari Dokter Lokal

Lakukan konsultasi dengan dokter lokal dan minta referral untuk rumah sakit yang Anda tuju.

3. Kontak Rumah Sakit dan Membuat Janji Temu

Anda dapat mengirimkan catatan kesehatan Anda (seperti hasil pemeriksaan darah, foto, ekg, echo, obat-obatan dan riwayat operasi) serta kopi paspor/identitas melalui e-mail untuk dianalisis oleh rumah sakit yang Anda tuju. Setelah menentukan tindakan apa yang Anda butuhkan, buat janji temu untuk berobat jantung di Malaysia.

4. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sejak 1 agustus 2022, semua turis dapat masuk ke Malaysia meskipun belum melakukan vaksinasi COVID-19 dan tidak perlu melakukan karantina.  Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk berobat jantung di Malaysia:

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dengan satu halaman paspor yang kosong untuk stempel masuk.
  2. Visa tidak dibutuhkan apabila Anda tinggal di Malaysia kurang dari 90 hari.
  3. Tiket penerbangan ke Malaysia.
  4. Bukti booking hotel.

5. Menyiapkan Akomodasi, Transportasi, dan Rencana Setelah Berobat

Pastikan Anda memiliki transportasi ketika Anda sampai di Malaysia. Beberapa rumah sakit di Malaysia menyediakan layanan transportasi pasien turis dari bandara ke rumah sakit. Booking hotel yang dekat dengan rumah sakit yang Anda tuju, serta tentukan berapa lama Anda akan tinggal di Malaysia. Perhitungkan apakah ada pengobatan lanjutan atau rencana berlibur setelah berobat jantung di Malaysia.

Rumah Sakit Pilihan untuk Berobat Jantung di Malaysia

Ada banyak rumah sakit yang unggul dalam bidang berobat jantung di Malaysia. Berikut adalah beberapa rumah sakit yang disarankan untuk melakukan pengobatan jantung:

  • Island Hospital Penang
  • Gleneagles Hospital Penang dan Kuala Lumpur
  • Penang Adventist Hospital
  • Sunway Medical Centre
  • Pantai Hospital Penang dan Kuala Lumpur
  • Institute Jantung Negara
  • Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL)

Estimasi Biaya Berobat Jantung di Malaysia

Biaya berobat jantung di Malaysia berbeda tergantung dengan rumah sakit yang Anda tuju. Berikut adalah perkiraan beberapa operasi jantung di Malaysia.

NoTindakanBiaya (RM)Biaya (Rupiah)
1.Operasi Angioplasti Jantung Koroner (ballooning)RM25-30,00098,5 juta
2.Operasi Bypass JantungRM55-70,000230 juta

Berobat Jantung di Malaysia dengan KavaLink

Apabila Anda masih kebingungan untuk membuat rencana berobat jantung di Malaysia, Anda dapat melakukan konsultasi dengan layanan medical travel facilitator KavaLink secara gratis. KavaLink dapat memberikan saran rumah sakit dan dokter, membuat janji temu dengan dokter, serta mengurus akomodasi dan transportasi untuk keberangkatan berobat Anda. Kami dapat dihubungi lewat WhatsApp 0857-8000-8707, berikut adalah layanan yang KavaLink berikan:

  • Konsultasi gratis untuk rekomendasi rumah sakit dan dokter
  • Konsultasi untuk estimasi biaya berobat
  • Buat janji konsultasi dengan dokter secara tatap muka atau online
  • Membuat booking akomodasi dan transportasi selama berobat
  • Melakukan pendaftaran medical check up, dan lain-lain.

Sumber:

  1. 10 Reasons Why Malaysia Is The Best For Medical Tourism. Diakses 28 September 2022, dari https://www.homage.com.my/resources/malaysia-best-medical-tourism/
  2. Best Cardiology Hospitals and Cost in Malaysia. Diakses 28 September 2022, dari https://www.lyfboat.com/hospitals/cardiology-hospitals-and-costs-in-malaysia/
  3. Foreign travel advice: Malaysia. Diakses 5 September 2022, dari https://www.gov.uk/foreign-travel-advice/malaysia/entry-requirements
  4. How Much Do The Most Common Critical Illnesses In Malaysia Cost? Diakses 5 September 2022, dari https://ringgitplus.com/en/blog/sponsored/how-much-do-the-most-common-critical-illnesses-in-malaysia-cost.html
  5. Malaysia: An Emerging Global Giant in Medical Tourism. Diakses 28 September 2022, dari https://www.magazine.medicaltourism.com/article/malaysia-an-emerging-global-giant-in-medical-tourism
  6. Medical Tourism in Malaysia. Diakses 28 September 2022, dari https://www.wonderfulmalaysia.com/medical-tourism-in-malaysia.htm
  7. Travelling to Malaysia. Diakses 5 September 2022, dari https://travel.state.gov/content/travel/en/international-travel/International-Travel-Country-Information-Pages/Malaysia.html
  8. Why Medical Tourism in Malaysia is Booming. Diakses 28 September 2022, dari https://internationalliving.com/why-medical-tourism-in-malaysia-is-booming/
× Hubungi Via WhatsApp