Operasi Jantung

buah untuk kesehatan jantung

5 Buah untuk Kesehatan Jantung

Kinerja fungsi jantung bisa mengalami penurunan yang cukup signifikan bila mengalami keadaan lain yang mampu mempengaruhi fungsi kerja jantung. Padahal, jantung sendiri merupakan salah satu organ yang paling vital dalam tubuh manusia. Oleh karenanya, penting untuk melakukan upaya untuk menjaga kondisi jantung ini tetap sehat. 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah melalui pola makan yang baik (diet sehat dan seimbang). Buah-buahan merupakan salah satu komponen penting dalam pola makan yang baik, yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung. Dalam artikel ini, Kavacare akan membahas berbagai jenis buah yang baik untuk jantung serta buah yang harus dihindari.

Buah yang Baik untuk Jantung 

Beberapa kandungan gizi yang baik untuk jantung sehat yang telah disebutkan diatas dapat ditemukan secara melimpah dalam buah-buahan. Berikut ini adalah macam-macam buah yang baik untuk jantung atau buah untuk pasien penyakit jantung yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet sehat Anda.

1. Buah Beri 

Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry adalah kelompok buah yang baik untuk jantung yang kaya akan nutrisi penting dalam kesehatan jantung. Jenis buah ini mengandung antioksidan yang melindungi dari stres oksidatif dan peradangan yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. 

2. Alpukat

Buah yang baik untuk jantung selanjutnya adalah alpukat karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi buah ini, telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan penurunan risiko penyakit jantung. Selain lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga mengandung potasium yang baik untuk mengelola tekanan darah. Namun, hindari makan alpukat secara berlebihan karena alpukat juga tinggi kalori.

3. Apel

Selain mampu menurunkan kolesterol total, apel mengandung prebiotik yang juga dapat berkontribusi membantu melindungi jantung. Prebiotik berfungsi sebagai asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik (probiotik) yang bertempat di usus. Selain berpotensi mencegah berkembangnya berbagai penyakit usus, probiotik dan prebiotik juga dapat memperbaiki gangguan metabolisme, termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

4. Anggur Merah

Mengandung polifenol yang tinggi, anggur merah menjadi salah satu buah yang baik untuk pasien penyakit jantung. Polifenol yang ditemukan dalam anggur telah terbukti bermanfaat dalam mengobati penyakit kardiovaskular dan diabetes dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

5. Pepaya

Pepaya juga menjadi rekomendasi jenis buah untuk pasien penyakit jantung karena pepaya kaya akan nutrisi seperti potasium, antioksidan vitamin A dan vitamin C, serta serat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, potasium baik untuk tekanan darah. Serat dalam pepaya dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko peradangan dalam tubuh dan membuat Anda tetap sehat.

Sementara itu, kekurangan vitamin A dan C telah dikaitkan dengan kelainan kardiovaskular. Yang mana asupan yang cukup vitamin ini diklaim dapat mengurangi risiko kardiovaskular penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serangan jantung, dan gagal jantung.

Buah yang Harus Dihindari 

Ada juga jenis buah yang umumnya harus Anda hindari untuk mencegah masalah jantung. Berikut beberapa diantaranya:

1. Buah Tinggi Kalori

Buah-buahan berkalori tinggi seperti pisang tidak dianjurkan sebagai bagian dari makanan sehari-hari pasien penyakit jantung. Meskipun pisang mengandung karbohidrat, serat, dan kalium yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, penderita penyakit jantung perlu berhati-hati dalam mengonsuminya karena tingginya kandungan kalori dan gula di dalam pisang. 

2. Buah Kalengan

Hindari buah kalengan atau buah dalam kemasan karena seringkali mengandung gula tambahan yang digunakan sebagai bahan pengawet dan pemanis. Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Kandungan Gizi yang Baik untuk Jantung

Berikut ini adalah beberapa zat gizi yang baik untuk jantung dan kecukupannya perlu lebih diperhatikan untuk menjaga jantung tetap sehat. 

1. Potasium

Potasium adalah salah satu mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Mineral yang juga disebut sebagai kalium ini, juga memiliki peran dalam mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke. 

Salah satu peran utamanya yaitu membantu mengatur tekanan darah. Potasium membantu melawan efek natrium, yang cenderung meningkatkan tekanan darah. Dengan mengontrol tekanan darah, potasium dapat mengurangi risiko hipertensi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Ketika tekanan darah tetap dalam rentang normal, beban kerja jantung pun menjadi lebih ringan.

2. Serat

Untuk menjaga kesehatan jantung seringkali disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Serat memiliki peran yang amat penting bagi tubuh yang pada dasarnya makanan yang mengandung serat akan membantu Anda merasa lebih kenyang. Ada dua kategori utama serat makanan yaitu larut dan tidak larut. 

Serat larut, seperti yang terdapat dalam sayuran dan buah yang baik untuk jantung dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Dengan mengurangi kadar LDL, serat membantu mencegah pembentukan plak didalam arteri, yang dapat mengakibatkan penyumbatan arteri koroner dan serangan jantung.

3. Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin A, C dan E dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel dalam dinding arteri. Sehingga mengonsumsinya dapat mengurangi berbagai faktor risiko penyakit jantung.

4. Omega-3 

Omega-3 adalah jenis asam lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan minyak ikan. Omega-3 memiliki peran dalam membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol. Selain itu, asam lemak ini dapat menjaga ritme jantung yang sehat, mengurangi risiko aritmia (ketidakaturan detak jantung) dan serangan jantung.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang berperan dalam kontraksi otot, termasuk otot jantung dengan berinteraksi dengan kalsium. Ini membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Selain itu, magnesium juga memainkan peran penting dalam pompa natrium dan kalium, enzim yang terlibat dalam menghasilkan impuls listrik yang menjadi komponen penting dari bagaimana fungsi sistem kardiovaskular.

Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai asupan buah untuk kesehatan jantung, jangan ragu untuk segera menghubungi kami di nomor Whatsapp 0877-8777-8614. Kami menyediakan layanan homecare untuk pendampingan di rumah, telekonsultasi seputar penyakit jantung, atau persiapan berobat jantung di dalam negeri atau luar negeri.

Sumber:

  1. 17 Incredibly Heart-Healthy Foods. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods. Diakses 23 September 2023. 
  2. The 5 Best Fruits to Help Improve Your Heart Health. https://www.eatingwell.com/article/8032022/best-fruits-for-heart-health. Diakses 23 September 2023. 
  3. Magnesium and Heart Health: What You Need to Know. https://www.healthline.com/health/heart-health/magnesium-heart-health-what-to-know. Diakses 23 September 2023.  
  4. 21 Foods for a Healthy Heart. https://www.health.com/condition/heart-disease/22-heart-healthy-foods-to-start-eating-asap. Diakses 23 September 2023. 
  5. Suffering From Heart Disease? Here Are Foods You Should Avoid. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/suffering-from-heart-disease-here-are-foods-you-should-avoid-209487. Diakses 23 September 2023.

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)

× Hubungi Via WhatsApp